July 11, 2009

SALAH KAPRAH.

Waktu itu, gue lagi dapet kuliah tentang Diabetes Mellitus (DM) di kampus. Karena informasi yang kita (para mahasiswa) kurang, mnurut si dosen yang juga dokter itu, kita jadi dimarah-marahin karena nyari info yang ga lengkap tentang gimana terjadinya DM itu. Akhirnya, ngalor-ngidul tu dokter marah-marahin sampe ujung-ujungnya ngebahas penelitian terbaru tentang osteoporosis.
Well..
Kalian pernah denger kan kalo susu berkalsium tinggi tu bisa mencegah osteoporosis dini?


"Eh, Mel, osteoporosis tu emang apaan sih??"
Gue yakin sebagian besar dari kalian pasti udah tau deh. Yap, betul! Osteoporosis itu adalah penyakit tulang paling umum pada orang dewasa, terutama pada usia tua.
Beberapa penyebab osteoporosis antara lain :
1. Berkurangnya stres fisik terhadap tulang karena keadaan tidak aktif
2. Malnutrisi (salah gizi lho, bukan kurang gizi) yang berlebihan sehingga tidak dapat dibentuk matriks protein yang cukup
3. Kurangnya vitamin C
4. Kurangnya pengeluaran hormon estrogen pada masa pasca menopause, dan
5. Usia tua.

Nah, selama ini kita semua beranggapan bahwa susu dengan kalsium tinggi dapat mencegah osteoporosis. Ternyata, itu semua SALAH,bung!

Penyebab utama osteopororis adalah terlalu banyak mengonsumsi asam yang berasal dari daging, gula dan bahan-bahan yang mengandung kimia. Untuk menetralisir keasaman tersebut, tubuh mengambil kalsium (alkalin) dari tulang. Sehingga masalah osteoporosis bukanlah bahwa seseorang itu tidak cukup memakan kalsium. Masalahnya adalah mereka kehilangan kalsium. Dengan demikian, mengasup lebih banyak kalsium ke dalam tubuh bukanlah jawabannya, karena Anda bisa kehilangan lebih banyak daripada yang Anda asup (misalnya dengan tetap memakan daging, gula,dan bahan-bahan kimia lainnya).

Apabila ektra kalsium ini berasal dari makanan yang mengandung protein tinggi seperti susu, keju dan es krim, itu akan memperburuk keadaan. Karena makanan ini adalah pembentuk asam. Makanan-makanan ini menyebabkan tubuh kehilangan banyak kalsium. Solusi utama adalah membuat tubuh menjadi alkalin. Dengan memakan lebih banyak sayuran dan menghindari makanan pembentuk acid seperti daging, gula dan bahan-bahan kimia.

Kelihatannya, dokter, ahli gizi dan perusahaan susu adalah keliru bila mereka mengatakan bahwa susu adalah sumber terbaik untuk kalsium.

Lebih banyak kalsium yang bisa ditemukan di biji2an (khususnya biji wijen = sesame seeds) dan rumput laut (jenis hijiki).

Biji2an ini mengandung 14 kali lebih banyak kalsium dari susu. Selain itu, biji2an ini juga pembentuk alkalin, makanan ini menyediakan kalsium tanpa membentuk acid yang menghilangkan kalsium dari tulang.

artikel aslinya dapat ditemukan di link berikut ini: http://www.natural-cancer-cures.com/acidic-condition.html

untuk mengetahui makanan apa saja yang mengandung alkalin dan acid dapat dibaca di link ini http://www.essense-of-life.com/info/foodchart.htm